Wednesday, November 10, 2010

Software yang Berguna dan Ringan Untuk Windows

Pemilihan software yang salah seperti Adobe PDF Reader, antivirus & antispyware, program zip, pemutar video dan MP3 pastinya akan membuat komputer jadi pelan. Nah untuk mengatasi hal ini, berikut kami tampilkan software-software ringan yang berguna untuk 'meringankan' komputer Anda.

Antivirus & Antispyware

Setiap komputer saat ini pasti memerlukan software antivirus & antispyware, tapi Anda tidak perlu menginstall keduanya. Carilah antivirus yang sudah memiliki antispyware atau kalau perlu pakai program internet security. Jadi dengan 1 program saja, komputer Anda akan terlindungi dan kinerja akan lebih ringan

Kami sarankan untuk menggunakan AVG Antivirus & Avira Antivir - AVG memiliki Antispyware, Antivir dielengkapi dengan Antispyware & Anti rootkit. Keduanya ada free update dan ada versi gratisnya. 
 
PDF Reader

Kami sarankan untuk menggunakan Foxit Reader karena program ini sangat ringan dan jauh lebih cepat dibandingkan Adobe PDF Reader atau PDF Reader lainnya. Pilihan lainnya adalah PDF Reader Sumatera Portable.

Multimedia Player

Pakailah Windows Media Player (WMP) yang cukup diinstall dengan codec seperti K-lite. Ketika Anda menginstall K-lite, biasanya disediakan alternatif pemutar video Windows Media Player Classic. Kalau Anda ingin memakai pemutar video lain, kami sarankan VLC (Video Lan) Player. Dengan VLC, Anda tidak perlu menginstall banyak codec lagi yang kadang memberatkan WIndows.

Dari nonton VCD, DVD sampai film format AVI, MPG, MP4 & MKV semua bisa dibaca oleh VLC atau codec K-lite dengan pemutar video WMP Kalau Anda sering melihat film format RMVB & RM, gunakan Real Player alternative. Kalau Anda masih ingin melihat film Quick Time, gunakan Quick Time Alternative. Tidak perlu install Real Player & Quick Time yang lengkap (full).

Lupakan dan tidak perlu menginstall lagi WinAmp sebagai pemutar musik alternatif, karena tugasnya sudah bisa digantikan dengan WMP atau VLC.

Program Zip

Kami sarankan untuk memakai 7-Zip atau WinRAR saja, karena keduanya adalah program zip terbaik saat ini yang tidak membebani komputer.

Pakailah Program Portable

Banyak program portable yang bisa Anda gunakan yang tidak perlu diinstall setiap saat digunakan. Dari program download manager seperti uTorrent, e-mail client Thunderbird, browser Mozilla Firefox, OpenOffice, dan program chatting Pidgin (bisa MSN, Yahoo!, ICQ, dan lain-lain).

Semua program di atas sangatlah meringakan kinerja komputer karena tidak perlu diloading di startup dan sistem registry setiap kali komputer masuk ke OS Windows.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

terimakasih udah mau comment...