Sunday, November 14, 2010

20Tips Mencari di Google dengan Lebih Baik

Ketika kita hendak mencari sesuatu di internet apa hal yang pertama kali kita ingat ? Sebuah mesin pencari tentunya, dan dalam beberapa tahun terakhir ini Google sudah sangat dikenal sebagai sebuah mesin pencari hebat yang merajai internet.

Tapi tahukah anda pencarian yang kita lakukan melalui Google bisa jauh lebih cepat dan tepat jika kita tahu caranya.

Berikut 20 tips untuk mempercepat pencarian kita melalui Google :
1. Download Customize Google
Customize Google adalah sebuah ekstensi firefox yang dapat meningkatkan kinerja untuk mempercepat pencarian kita melalui Google. Dapat didownload disini.
2. Gunakan Tanda Kutip
Sesuatu yang kita cari melalui Google bisa lebih akurat jika kita mengetiknya dengan menggunakan tanda kutip "". Contoh : "Liverpool FC".
3. Gunakan Sekurang-kurangnya 3 Kata dalam Pencarian
Google akan bekerja lebih efisien ketika kita menggunakan sedikitnya 3 kata dalam pencarian kita. Misalkan: album terbaik sulis. Perlu diingat juga Google 'hanya' akan memproses 32 kata terdepan dari semua kata yang kita ketik ketika mencari.
4. Wildcard
Tanda asterisk/bintang (*) berfungsi menggantikan kata yang kita lupa atau kita tidak tahu dan akan membuat pencarian yang kita menjadi lebih akurat. Contoh: "Ketika * Bertasbih" untuk pencarian "Ketika Cinta Bertasbih".
5. Batasi Hasil Pencarian
Jika kita mencari satu informasi umum tentang subyek tertentu tetapi kita pun ingin dalam pencariannya itu terdapat subyek lainnya yang lebih khusus maka kita bisa menggunakan tanda (-). Dengan tanda (-) kita bisa mendapatkan pencarian yang lebih lengkap. Contoh: FIFA football –doping.
6. Mencari Lebih Spesifik Berdasarkan Tipe File
Kita dapat mencari sesuatu lewat Google berdasarkan jenis file seperti apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin mencari file dalam bentuk pdf yang berisi tentang Linux maka kita ketik: filetype:pdf linux.
7. Buat Jumlah Hasil Pencarian menjadi Lebih Rinci
Dengan menambahkan misalkan "&num=3" di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter maka kita bisa membatasi jumlah hasil pencarian kita menjadi 3 saja.
8. Karakter yang Tidak Berguna
Secara umum Google tidak akan memproses pencarian kita jika kita hanya menggunakan satu karakter khusus saja, termasuk tanda "@" . Karakter-karakter yang harus dihindari yang dalam pemakaiannya berdiri sendiri seperti: ";, ,, ., ?, (, ), [, ], @, /, *, <, >.".
9. Pencarian Langsung Di Website dengan Subyek Tertentu
Kita dapat membatasi hasil pencarian kita hanya pada satu website saja dengan menggunakan "site:" kata kunci, "site: www.nameofthesite.com [kata kunci].". Contohnya kita ingin mencari informasi tentang AMD dari website erakomputer maka : site:www.erakomputer.com AMD
10. Matikan Filter
Secara default Google mengaktifkan filter spam. Kita dapat menonaktifkannya dengan mengetik "&filter=0" di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter.
11. Sinonim
Tanda (~) jika ditempatkan didepan kata pencarian maka merupakan cara yang cerdas agar kita bisa melihat sinonim dari kata yang kita cari. Meski memang dengan mengetik kata itu langsung pun bisa tetapi terkadang tidak hanya berisi sinonim. Contoh penggunaan: ~vicarious.
12. Pilihan Ejaan
Jika kita bingung akan ejaan suatu subyek kita bisa menggunakan tanda pipa (|), nanti akan ada koreksi dari Google. Contoh penggunaan: Pennant | Pennan.
13. Definisi Suatu Kata
Mencari defini suatu kata kita bisa dengan mengetikkan "define". Contoh penggunaan : define drupal.
14. Nilai Tukar Mata uang
Tahukah kalau Google juga bisa mengkonversikan nilai mata uang satu negara ke mata uang negara lainnya? Caranya : 1000 rupiahs in dollars. Anda akan kaget ternyata uang seribu rupiah itu hanya bernilai 0.109 U.S. Dollar.
15. Terjemahan
Bagi kita yang kurang menguasai satu bahasa asing, terkadang Google memberikan terjemahan langsung dari satu website. Atau kita pun bisa mengunjungi halaman Google yang khusus untuk menerjemahkan satu website, halaman tersebut dapat dikunjungi disini.
16. Preferensi Google
Link preferensi ini terdapat disebelah kanan dari kotak pencarian Google. Kita dapat mengatur setingan untuk halaman mesin pencari kita.
17. Google News
Link yang berisi update berita terbaru dari penjuru dunia, bisa dikunjungi disini.
18. Berita dunia
Dari halaman Google News kita dapat pula mencari berita-berita terbaru dari beberapa negara, seperti Jerman, Kanada, Chili dan lainnya.
19. Mencari Ukuran Gambar yang Tepat
Jika kita sedang mencari suatu gambar maka coba gunakan Google Images, lalu ketik gambar apa yang kita cari. Dengan Google Images kita juga dapat mencari file gambar yang ukurannya sesuai.
20. Google Advanced Images Search
Di Google Images kita dapat juga menggunakan pencarian yang dapat kita atur sendiri sehingga kita benar-benar mencari apa yang kita inginkan. 
 


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

terimakasih udah mau comment...