Friday, November 12, 2010

menjalankan OpenGL dengan Visual Studio 2005

langkah-langkah yang harus  dilakukan untuk menjalankan OpenGL dalam Visual Studio 2005: 
Pertama, siapkan 3 buah file:
1. glut32.dll -> taruh di C:\WINDOWS\system\
2. glut32.lib -> taruh di C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 8\VC\PlatformSDK\Lib
3. glut.h -> taruh di C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 8\VC\PlatformSDK\Include\gl

Kalau tidak punya salah satu atau ketiga file ini, bisa download di http://www.xmission.com/~nate/glut.html

Setelah menunaikan tugas menaruh ketiga file tersebut, bukalah Visual Studio 2005.

1. Buatlah sebuah project baru



2. Pilih Visual C++, lalu di tab Win32 pilih Win32 Console Application. Namakan project pertama anda, misal CobaOpenGL



3. Kemudian akan muncul Window Win32 Application Wizard. Ceklist Empty Project.



4. Setelah muncul window utama, tekan Ctrl + Shift + A. Akan muncul sebuah jendela Add New Item. Pilihlah Tab Code dibawah Visual C++. Lalu pilihlah C++ FIle (.cpp). Namai file cpp anda. Misal saya menamai dengan segitiga.cpp


5. Akan muncul sebuah file segitiga.cpp yang kosong. Copy paste Ketik ulang code yang bisa didonlod dimana saja. Silahkan googling smile Dalam contoh kali ini saya membuat sebuah segitiga.




6. Kalau sudah selesai, di menu Project, pilih CobaOpenGL Properties.



7. Setelah muncul CobaOpenGL Properties Pages, di Configuration yang drop down list sebelah kiri atas, pilih All Configuration.



8. Di bagian Configuration Properties pilih Linker, lalu Input. Di sebelah kanannya, ada Additional Dependencies kan. Tambahkan:
opengl32.lib glu32.lib glut32.lib



9. Setelah selesai, pilih tombol yang gambarnya kayak play dibawah menu Community. Program akan dibuild terlebih dahulu, kemudian di-run



10. Beberapa saat setelah command prompt muncul, muncullah gambar segitiga2 yang besar dan yang kecil itu smile


Ingin jelas Nya.. sumber

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

terimakasih udah mau comment...