Wednesday, November 10, 2010

New Solar System

 New solar sistem... info terbaru,,, hehehe


lihat terlebih dahulu nehhh..
  • Sebuah sistem tata surya dengan setidaknya lima planet adalah sistem exoplanetary terbesar yang pernah ditemukan
  • Lima planet terdeteksi yang besar, menjadi ukuran Neptunus. Dua planet lain juga mungkin ada
  •  Sebanyak 402 bintang dengan planet telah login sejak pertama terdeteksi pada tahun 1995


astronom Eropa pada hari Selasa mengatakan mereka telah menemukan bintang yang jauh mengorbit oleh sedikitnya lima planet dalam penemuan terbesar exoplanets disebut sejak login pertama 15 tahun yang lalu.
bintang ini mirip dengan matahari kita dan formasi planet yang memiliki paralel menarik dengan tata surya sendiri, meskipun tidak ada petunjuk sejauh ini telah ditemukan untuk menyarankan itu bisa menjadi rumah dari rumah, kata mereka.
Bintang mereka mempelajari, HD 10180, terletak 127 tahun cahaya di konstelasi selatan Hydrus, air laki-laki ular, European Southern Observatory (ESO) mengatakan dalam siaran pers.
Planet terdeteksi selama enam tahun dengan menggunakan spectograph dunia yang paling kuat, instrumen untuk menangkap dan menganalisa tanda tangan cahaya, pada teleskop ESO di La Silla, Chile.
Metode ini terdiri dari mengamati bintang dan melihat bagaimana cahaya yang mencapai bumi "bergetar" sebagai hasil dari tarikan gravitasi planet yang lewat.
Fluktuasi kecil di cahaya kemudian dapat digunakan sebagai tanda untuk menghitung massa planet transit.
Lima planet terdeteksi yang besar, menjadi ukuran Neptunus, meskipun mereka mengorbit pada kisaran jauh lebih dekat daripada gas raksasa kita sendiri, dengan "tahun" berkisar antara enam dan 600 hari.
Para astronom juga menemukan bukti bahwa dua planet menggoda calon lain di luar sana.
Salah satu akan menjadi sebuah planet yang sangat besar, ukuran kami Saturnus, yang mengorbit di 2.200 hari.
Yang lain akan menjadi 1,4 kali massa Bumi, sehingga planet ekstrasurya terkecil belum ditemukan. Ini mengorbit HD 10180 pada kisaran scorchingly dekat, mengambil hanya 1,18 hari Bumi untuk zip sekitar bintang.
Jika dikonfirmasi, yang akan membawa sistem bintang jauh untuk tujuh planet, dibandingkan dengan delapan di tata surya kita.
Sebanyak 402 bintang dengan planet telah login sejak pertama terdeteksi pada tahun 1995, menurut NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL). Penghitungan dari exoplanets berdiri di 472.
Tidak ada, meskipun, bahkan jauh mirip dengan Bumi, yang berbatu dan menghuni "zona Goldilocks" yang terkenal di mana temperatur hanya tepat untuk mengaktifkan air, hal-hal kehidupan, ada dalam bentuk cair.
Astronom ESO Christophe Lovis mengatakan pengetahuan berkembang cepat.
"Kami sekarang memasuki era baru dalam penelitian planet ekstrasurya - studi tentang sistem planet yang kompleks dan tidak hanya planet individu," kata Lovis. "Studi tentang gerakan planet dalam sistem baru mengungkap interaksi gravitasi kompleks antara planet dan memberi kita wawasan ke dalam evolusi jangka panjang dari sistem."



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

terimakasih udah mau comment...