Friday, November 5, 2010

Enam Kesalahan Terbesar Perawatan Kulit

Wanita paling peduli dengan yang namanya perawatan kulit. Nah, berikut beberapa tips tentang kesalahan dalam melakukan perawatan kulit menurut Dr. Leslie Baumann, penulis buku best-seller “The Skin Type Solution”.

 Artikel sumber: Yahoo Article posted on Dec 18, 2008

Enam kesalahan terbesar dalam perawatan kulit:
1. Menggunakan pembersih dengan bahan deterjen yang terlalu keras
Jangan terkecoh dengan anggapan bahwa semakin banyak busa sabun yang dihasilkan, maka akan menjadikan kulit semakin bersih. Justru jika mengandung bahan yang terlalu keras, seperti lauryl sulfate, maka akan mengikis lapisan lemak kulit yang penting. Jangan pernah juga menggunakan sabun batang untuk membersihkan wajah. Carilah sabun yang mengandung banyak asam lemak. Untuk kulit kering, gunakan minyak pembersih, yang dapat menghilangkan kotoran dan sisa make-up tanpa menghilangkan lapisan alami pelindung kulit.
2.Tidak menggunakan retinoid. Retinol, salah satu bentuk dari vitamin A, adalah bahan yang tidak hanya mencegah, tapi juga mengurangi kerut dan keriput. Setelah usia 30, sangat disarankan untuk menemui ahli dermatologi untuk mendapatkan resep retinoid konsentrat tinggi atau dapat juga menggunakan kosmetik yang dijual bebas di pasaran, yang memiliki kandungan retinoid sedikit lebih rendah.
3. Menghabiskan uang terlalu banyak untuk perawatan kulit. Banyak klinik kecantikan yang menawarkan paket perawatan kulit yang mewah, tetapi sebenarnya itu tidak terlalu dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang cantik. Penulis sendiri mengaku bahwa produk kosmetik favoritnya adalah produk dari drugstore/perusahaan kosmetik terkenal, karena mereka memiliki dana riset yang besar untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Lebih baik, gunakan uang Anda untuk mendapatkan resep retinoid konsentrat tinggi.
4. Sering melakukan facial. Sebuah studi membuktikan bahwa 80% persen orang yang selesai melakukan facial justru mengalami masalah kulit. Aesthetician sering tidak mengetahui produk kulit mana yang tepat untuk setiap klien dan dapat menggunakan bahan yang salah sehingga malah memperparah jerawat atau menggunakan minyak esensial yang dapat merusak kulit sensitive. Meskipun setelah facial Anda tidak mengalami masalah seperti itu, tidak ada keuntungan jangka panjang dalam melakukan facial.
5. Mencuci wajah pada saat yang salah. Cucilah wajah Anda SETELAH Anda membilas sampo atau kondisioner setelah keramas, bukan sebelumnya. Banyak kondisioner mengandung pore-clogging isopropyl myristate atau juga minyak kelapa yang dapat menyebabkan jerawat.
6. Tidak menggunakan tabir surya setiap hari. Gunakan tabir surya setiap hari, tidak hanya saat Anda pergi ke pantai atau di musim panas saja. Paparan sinar matahari, apalagi di Indonesia yang beriklim tropis, akan sangat berpengaruh terhadap kulit Anda. Gunakan tabir surya yang mengandung setidaknya SPF 15, setiap hari.
 


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

terimakasih udah mau comment...